10 Tips Kampanye Konsumen Cerdas
1. Cari dan Bandingkan Informasi
- harga
- merek berbeda
- informasi produk/spesifikasi
- perbandingan layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang
- saran dari organisasi pelanggan atas produk yang telah dicoba
2. Dapatkan saran dari Teman/Ahli yang Terpercaya
- produk teknis/canggih seperti kamera (model terbaru,dll)
- reputasi dari merek dan penjual tertentu
3. Simpanlah Bukti Tertulis
- tanda bukti pembayaran
- jaminan atau kartu garansi
- perhatikan klaim produk dari produsen
4. Kenali Hak Anda dan Lakukan Langkah yang Benar
- selesaikan masalah dengan melakukan pendekatan pada penjual
- apabila masalah tak terselesaikan laporlah pada organisasi konsumen, pihak pemerintah
5. Kontrol Diri saat Membeli Produk
- beli apa yang anda butuhkan
- hindari membeli tanpa alasan
- buat daftar belanja dan beli hanya yang tercantum sesuai daftar
- carilah produk yang sedang dalam penawaran khusus/diskon
6. Jangan Ragu Membeli Produk Lokal
- belilah produk lokal dimana keamanan dan kualitasnya terjamin
7. Biasakan Membaca Label Produk
- bacalah label produk yang berisikan kandungan bahan, masa kadarluwarsa, petunjuk penggunaan secara cermat
8. Beli dari Sumber Terpercaya
- hindari rantai distribusi yang panjang, membeli dari penjaja keliling asaing atau perusahaan tak dikenal yang beroperasi melalui internet
9. Laporkan Langsung Setiap Komplain
- laporkan kerusaka, efek samping dari produk berkualitas rendah pada pihak berwenang
10. Lindungi Bumi untuk Generasi Mendatang
- daur ulang
- gunakan ulan/beli isi ulang
- beli produk dengan kemasan minim
- hindari tas plastik, usahakan membawa wadah sendiri saat membeli makanan/berbelanja
1 komentar:
lembaga perlindungan konsumen nusantara
Posting Komentar