Kamis, 18 Februari 2010

INFO KONSUMEN

Kamis, 18 Februari 2010
10 Tips Kampanye Konsumen Cerdas

1. Cari dan Bandingkan Informasi

  • harga
  • merek berbeda
  • informasi produk/spesifikasi
  • perbandingan layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang
  • saran dari organisasi pelanggan atas produk yang telah dicoba

2. Dapatkan saran dari Teman/Ahli yang Terpercaya

  • produk teknis/canggih seperti kamera (model terbaru,dll)
  • reputasi dari merek dan penjual tertentu

3. Simpanlah Bukti Tertulis

  • tanda bukti pembayaran
  • jaminan atau kartu garansi
  • perhatikan klaim produk dari produsen

4. Kenali Hak Anda dan Lakukan Langkah yang Benar

  • selesaikan masalah dengan melakukan pendekatan pada penjual
  • apabila masalah tak terselesaikan laporlah pada organisasi konsumen, pihak pemerintah

5. Kontrol Diri saat Membeli Produk

  • beli apa yang anda butuhkan
  • hindari membeli tanpa alasan
  • buat daftar belanja dan beli hanya yang tercantum sesuai daftar
  • carilah produk yang sedang dalam penawaran khusus/diskon

6. Jangan Ragu Membeli Produk Lokal

  • belilah produk lokal dimana keamanan dan kualitasnya terjamin

7. Biasakan Membaca Label Produk

  • bacalah label produk yang berisikan kandungan bahan, masa kadarluwarsa, petunjuk penggunaan secara cermat

8. Beli dari Sumber Terpercaya

  • hindari rantai distribusi yang panjang, membeli dari penjaja keliling asaing atau perusahaan tak dikenal yang beroperasi melalui internet

9. Laporkan Langsung Setiap Komplain

  • laporkan kerusaka, efek samping dari produk berkualitas rendah pada pihak berwenang

10. Lindungi Bumi untuk Generasi Mendatang

  • daur ulang
  • gunakan ulan/beli isi ulang
  • beli produk dengan kemasan minim
  • hindari tas plastik, usahakan membawa wadah sendiri saat membeli makanan/berbelanja

1 komentar:

charlie mengatakan...

lembaga perlindungan konsumen nusantara

Posting Komentar